Photobucket
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

19 April 2011

Satlak Prima Pilih Rahmad Dharmawan sebagai Pelatih Timnas


Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) menunjuk Pelatih Persija Jakarta Rahmad ’RD’ Darmawan sebagai head coach timnas U-23 Indonesia untuk SEA Games (SEAG) 2011.

RD dinilai layak karena kaya pengalaman. Teka-teki kepastian status pelatih kepala timnas U-23 pun mulai terkuak. Satlak Prima bersama Badan Tim Nasional (BTN) sebelumnya sudah mendengarkan pemaparan program beberapa kandidat, Kamis (14/4).

Selain RD, Aji Santoso yang berstatus pelatih Persebaya 1927 juga sudah beradu pemaparan program. Namun, Satlak Prima tampaknya menjatuhkan pilihan kepada RD. Komandan Satlak Prima Tono Suratman mengungkapkan, peluang Rahmad menjadi pelatih timnas U-23 lebih besar daripada Aji.

’’Kami sudah menetapkan satu nama sebagai pelatih timnas U-23 SEAG. Satlak cenderung menjatuhkan pilihan kepada Pak Rahmad. Tapi, kami harus melaporkan hal ini kepada KONI sebelum memastikan 100% status Pak Rahmad,’’ kata Tono, kemarin.

Kepastian status RD sebagai pelatih skuad muda Merah Putih akan ditetapkan Senin (17/4). Tono menambahkan, pilihan jatuh kepada eks arsitek Sriwijaya FC (SFC) lantaran memenuhi aspek kualitas.

Saat masih menangani SFC, RD mempersembahkan double winners pada musim 2006/2007. Bersama Laskar Wong Kito pria yang juga tentara ini berhasil mencatatkan hattrick juara Piala Indonesia. Status juara Divisi Utama juga pernah ditorehkan RD bersama Persipura Jayapura pada musim 2005.

”Kami sudah mengetahui kapabilitas Pak Rahmad. Dia pernah membawa klubnya menjadi juara liga dan Piala Indonesia. Performanya saat ini bersama Persija juga cukup bagus. Kalau status pelatih sudah positif, kami berharap timnas U-23 segera melakukan persiapan,” tuturnya.

Posisi RD di skuad muda Merah Putih menggantikan Alfred Riedl. Pelatih asal Austria itu akan diplot sebagai penasihat teknik timnas U-23 SEAG, meski tetap dipercaya menangani timnas senior untuk Pra-Piala Dunia (PPD).

Riedl sebelumnya sudah menyeleksi pemain dan menetapkan 20 nama untuk timnas U-23. Namun, komposisi skuad muda Merah Putihakan dikocok ulang. Timnas U-23 akan menambah kuota pemain menjadi 30 sampai 40 nama, termasuk sejumlah pemain dari klub LPI.

Pemusatan latihan (TC) permanen skuad muda Merah Putih dimulai dengan latihan pembentukan karakter di Jati Jajar, Bandung,mulai 1 hingga 15 Mei. Seusai menjalani agenda pembuka itu, sekitar 30 pemain akan menjalani TC di Austria pada 17 Mei sampai 17 Juni mendatang.

”Kalau Pak Rahmad diminta timnas, klub harus mengizinkan. Hal ini demi kepentingan negara. Sepak bola harus mendapatkan medali emas di SEAG. Tapi, kami tetap memberikan apresiasi kepada Pak Aji,” tutur Tono.

Dipilihnya RD sebagai pelatih timnas U-23 tentu mendatangkan dilema bagi Persija. Klub berjuluk Macan Kemayoran saat ini sedang berjuang menghidupkan lagi peluang main di kompetisi level Asia musim depan.

Bambang ’Bepe’ Pamungkas dkk tercecer ke urutan 4 Indonesia Super League (ISL) dengan nilai 34 dari 20 laga. Mereka unggul produktivitas atas SFC yang juga memiliki nilai sama. Mereka terpaut tiga angka dari Arema FC yang berada tepat di atasnya, lalu tertinggal empat angka dari runner-up Semen Padang. Asisten Manajer Persija Benny Erwin mengatakan, posisi klubnya saat ini terjepit.

”Kami sedang bingung. Persija saat ini sangat membutuhkan jasa Pak Rahmad. Posisi kami rawan dan target agak meleset. Tidak mudah dalam waktu singkat mencari pelatih baru, apalagi kompetisi tinggal menyisakan tujuh laga,” kata Benny.

Kontrak Rahmad bersama Macan Kemayoran akan berakhir Juni 2011. Namun, Persija memiliki opsi memperpanjang kontrak sampai semua beban kompetisi klub musim ini berakhir. Benny bakal membahas penunjukan RD di timnas U-23 bersama internal klub.

”Kami harus berbicara dengan manajer dulu. Awalnya manajer menolak kalau Pak Rahmad bergabung ke timnas sebagai asisten pelatih, tapi kalau sebagai pelatih kepala akan diizinkan. Kami akan konfirmasi ulang secara internal lebih dulu,” tandasnya.


Sumber: BolaIndo

Related Articles :


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 comments:

Post a Comment

TOP.ORG Topsites The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku

FACEBOOK

Find us..

PhotobucketPhotobucketPhotobucket

BANNER

Photobucket Photobucket Photobucket

ADS

 

SETAN OREN Copyright © 2010 SetanOren.blogspot.com is Designed by SetanOren