Photobucket
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

30 October 2010

Persija perbaiki inisiatif penyerangan


Photobucket
Jakarta – Persija Jakarta bakal menghadapi laga berat saa melakoni laga klasik melawan Persib Bandung pada lanjutan kompetisi Djarum Indonesia Super League (DISL) 2010/2011 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (30/10). Hal itu sangat disadari oleh sang allenatore Rahmad Darmawan.

Ditemui usai memimpin latihan ‘Macan Kemayoran’ di SUGBK, Jumat (29/10), RD, panggilan karib Rahmad Darmawan mengakui, laga itu memang bakal ketat. Untuk itu, RD dan segenap jajaran pelatih Persija tengah berupaya maksimal menyiapkan skuad ‘Orange’.

“Titik utama saya adalah membenahi inisiatif permainan tim. Pada tiga laga terakhir, inisiatif permainan tim sering ragu sehingga kami gagal meraih hasil maksimal. Itu berbeda dengan laga di awal musim ini, dimana inisiatif permainan kami justru sangat baik. Faktor ini sangat penting karena kami akan menghadapi lawan yang secara kualitas sangat baik,” papar RD.

RD sendiri belum tahu pasti penyebab naik turunnya inisiatif permainan Persija. “Apakah ini karena rotasi pemain di setiap pertandingan? Saya belum tahu. Tetapi rotasi menjadi keharusan bagi kami untuk menghadapi ketatnya kompetisi dan perjalanan jauh setiap laga away. Tentu saja pemain harus siap dengan rotasi ini karena kami tidak bisa memaksakan pemain yang performance-nya sedang tidak maksimal,” tegas RD.

Menjelang laga krusial ini, Persija kini telah melengkapi skuad asingnya dengan telah hadirnya striker asal Singapura, Agu Casmir. Menurut RD, kehadiran Agu membuat lini depan Persija semakin lengkap, setelah sebelumnya hanya ada Bambang Pamungkas, Aliyudin, dan pemain muda Sansan.

“Saya berharap Agu sudah bisa diturunkan saat menghadapi Persib. Saat ini, kami masih menunggu turunnya ITC. Bila Agu bisa turun, jelas akan membuat saya lebih mudah menyusun lini depan Persija,” imbuh RD.

Mengenai formasi, RD mengaku masih mencari formula terbaik. Selama ini, ia bergantian menurunkan formasi 4-3-3 dan 4-2-2. Bila turun dengan formasi 4-3-3, lini depan diisi Bepe, Aliyudin, dan Greg Nwokolo yang didorong menjadi second striker. Tetapi bila 4-2-2, Greg lebih banyak dioperasikan sebagai gelandang sayap.

“Mungkin bila Agu sudah bisa turun, posisi Greg akan kami kembalikan di sayap. Ia pemain serba bisa,” tukas RD.Yang pasti, pada laga ini, RD kemungkinan tidak bisa menurunkan tiga pemain yang selama ini bermain sebagai bek sayap kanan yaitu Ismed Sofyan, Nasuha, dan Ambrizal. Ismed dan Nasuha cedera, sementara Ambrizal terkena akumulasi kartu kuning. Untuk mengisi posisi itu, RD telah menyiapkan pemain pengganti, Hashim Kipu atau Tony Sucipto.

Terkait dengan Persib, kata RD, ia menilai ‘Maung’ Bandung adalah tim kuat. Malah, RD mengakui bahwa skuad Persib musim ini lebih baik dibandingkan musim lalu.
“Mereka memiliki duet serasi Pablo Frances dan Christian Gonzalez. Yang satu cepat dan yang satu cerdik dan pintar. Selain itu, lini tengah mereka ada Eka Ramdani, kAtep, Siswanto, Khairul Amri, dan Haryono. Bila Eka tidak tampil, kemungkinan Amri yang jadi playmaker. Tentunya, kami akan memberikan penekanan tersendiri di posisi pemain-pemain itu untuk menghambat serangan mereka,” tandas RD.

Sumber : Liga Indonesia

Related Articles :


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 comments:

Post a Comment

TOP.ORG Topsites The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku

FACEBOOK

Find us..

PhotobucketPhotobucketPhotobucket

BANNER

Photobucket Photobucket Photobucket

ADS

 

SETAN OREN Copyright © 2010 SetanOren.blogspot.com is Designed by SetanOren