Photobucket
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

17 March 2011

Head to head 7 tahun terakhir dan 10 cerita menarik Derby D' Indonesia


Jika derby D' Indonesia antara Persija Jakarta dan Persib Bandung di gelar, maka aroma gengsi dan emosi yang luar biasa akan selalu menjadi topik pembicaraan yang hangat di persepakbolaan Indonesia. Stasiun televisi berebut untuk menyiarkannya, karna pertandingan ini akan menyita perhatian seluruh publik ini. Rating yang tinggi, psywar lewat beberapa media, bahkan psywar nyata di lapangan terus di gelontorkan oleh ke-2 kubu, baik Jakarta maupun Bandung.

Tapi dibalik semua cerita panas itu, ternyata dalam "Head to Head" ke-2 tim selama 7 tahun terakhir (13 kali pertemuan), Persija Jakarta masih lebih unggul dalam statistik kemenangan.


Berikut data "Head to Head"ke-2 tim 7 tahun terakhir:
31 Oktober 2010 Persija 3-0 Persib
25 Maret 2010 Persija 2-2 Persib
09 Januari 2010 Persib 0-0 Persija
10 Juni 2009 Persija 1-2 Persib ( main di Malang )
19 Juli 2008 Persib 2-3 Persija
16 Agustus 2007 Persija 1-0 Persib
24 April 2007 Persib 3-0 Persija
20 Mei 2006 Persib 1-1 Persija
25 Februari 2006 Persija 0-0 Persib
4 September 2005 Persija 3-0 Persib [WO]
22 Mei 2005 Persib 1-1 Persija
29 September 2004 Persija 1-0 Persib
12 Mei 2004 Persib 0-0 Persija

Persija menang 5x
Persib menang 2x
seri 6x


Pada pertandingan Jumat esok (18 Maret 2011), mampukah Persib mempertipis rekor kemenangan mereka?? atau Persija yang mampu memperjauh rekor kemenangan atas tim maung bandung..??
Kita lihat dan nantikan saja pertandingan penuh gengsi dan emosi ini, apalagi para pemain Maung Bandung sangat bertekad untuk memberikan kado ulang tahun kepada Persib dan para bobotohnya.

Sumber: (Notes fb Adzani JO)


SPESIAL: Sepuluh Hal Yang Wajib Diketahui Tentang Derby D'Indonesia Antara Persib & Persija
(Artikel 4 January 2010)
Oleh: Yuslan Kisra
Perseteruan antara Persib Bandung dan Persija Jakarta akan terus warnai pentas sepakbola nasional. Apa saja hal yang menarik dari duel Derby D'Indonesia ini?
Duel penuh gengsi dan emosi dipastikan akan kembali terjadi di pentas sepakbola nasional akhir pekan ini, ketika Persib Bandung menjamu Persija Jakarta, pada laga lanjutan putaran pertama Superliga 2009/10.

Ya, jika tidak terjadi perubahan waktu dan tempat, bentrok dua tim papan atas yang sarat aroma rivalitas ini akan tersaji di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung, Sabtu (9/1) mendatang.

Menarik untuk disimak memang, karena pertemuan dua tim ini tidak hanya memanas di lapangan hijau yang melibatkan pemain dari dua kesebelasan. Tapi juga kehebohan suporter kedua tim dalam menyambut duel panas tersebut.

Bisa dipastikan, banyak drama yang akan kembali tersaji pada pertemuan dua tim itu. Sepuluh hal yang wajib diketahui di antaranya adalah:

10. Jika saja pertandingan antara Persib dan Persija jadi dihelat di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, ini untuk pertama kalinya stadion milik Pemkab Bandung menghelat laga bergengsi Derby D'Indonesia. Maklum karena selama ini Persib berkandang di Stadion Siliwangi, Kota Bandung.

9. Dari data menunjukkan, sejak sepakbola nasional memasuki era profesional seiring dengan digulirkannya Liga Indonesia pada musim kompetisi 1994/95, Persija mampu unggul jauh dari rival beratnya tersebut. Dari 21 kali bentrok, tim berjuluk "Macan Kemayoran" mampu membukukan 13 kemenangan. Sedangkan Persib hanya meraih tiga kali kemenangan, dan sisanya berakhir imbang.

8. Keperkasaan Persija Jakarta di era sepakbola profesional memang terbilang lumayan. Itu setelah mereka mampu lima kali mempermalukan Persib di hadapan publiknya. Sementara "Maung Bandung", baru sekali menang di kandang Persija. Sayang karena hal itu dilakukan saat Persija terusir dari ibukota dan harus memainkan laga kandangnya di Stadion Gajayana, Malang, menyusul dibekukannya izin menggelar pertandingan sepakbola di Jakarta karena bertepatan dengan pesta demokrasi di tanah air.

7. Persib pernah menolak memainkan laga di kandang Persija pada 4 September 2005 dan memilih pulang ke Bandung. Alasannya, karena merasa tidak aman untuk menuju Stadion Lebak Bulus yang sudah dipenuhi puluhan ribu pendukug Persija, yang meluber hingga ke pinggir lapangan. Akibatnya, Persija diberi kemenangan 3-0 atas rivalnya tersebut.

6. Budi Sudarsono dan Atep adalah pemain yang pernah menyakiti hati Persib ketika keduanya masih berbaju Persija Jakarta. Bahkan Budi tercatat pernah dua kali menjebol gawang Persib, salah satunya dari bola fair play yang mestinya tidak boleh dilakukan dan membuat ia sangat dibenci kala itu. Tapi saat ini, kedua pemain tersebut justru menjadi pilar Persib di pentas Superliga 2009/10.
(Saat ini ditambah Abanda Herman yang merapat ke Persib di putaran ke-2 ISL 2010/2011, setelah di awal musim, Persija mendepak Abanda dan menggantikannya dengan pemain asal singapura)

5. Gelandang Persib Eka Ramdani dan winger Persija Ismed Sofyan adalah dua pemain yang pernah merasakan rivalitas suporter. Eka dihantam pendukung Persija sedangkan Ismed nyaris celaka setelah terkena lemparan mercon Bobotoh. Hal ini yang membuat aparat keamanan dipastikan selalu melipatgandakan personelnya, dan membekali mereka dengan perlengkapan anti huru-hara.

4. Ingin menekan kerusuhan suporter panpel Persib Bandung pernah melakukan hal yang tidak lazim, yakni dengan mencampur pemain Persib dan Persija dalam satu bus menuju stadion. Hal ini dilakukan dengan harapan bisa meminimalisir teror terhadap pemain Persija saat memasuki stadion. Tidak hanya itu, sebelum kick-off acara seremonial bertukar cenderamata pun dilakukan dengan tujuan ingin menunjukkan kepada Bobotoh, penggemar berat Persib, jika timnya sudah akur dengan Persija. Tapi tetap saja Bobotoh berulah. Laga ditunda hingga 30 menit karena terjadi kerusuhan di semua tribun penonton.

3. Pemain dari kedua tim pernah tergeletak di tengah lapangan saat aparat keamanan mencoba menghalau kerusuhan dengan menembakkan gas air mata, ketika suporter Persija mencoba merangsek ke tribun yang ditempati Bobotoh di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Naas kala itu, angin bertiup ke arah lapangan yang justru membuat pemain yang terkapar.

2. Arcan Iurie Anatolievici adalah salah satu pelatih yang pernah menukangi Persija dan Persib di tengah kerasnya rivalitas kedua tim. Hebatnya, pelatih asal Moldova ini mampu diterima dengan baik di Persib setelah didepak Persija. Ia bahkan mengakhiri masa dudanya dengan wanita priangan, yang membuat keberadaannya di Persib semakin diterima.

1. Perseteruan antara Bobotoh dan pendukung Persija dimulai dari dunia maya dengan saling olok melalui laman masing-masing. Sayang tidak diketahui siapa yang lebih dahulu memulai. Yang pasti, berawal dari situ hingga akhirnya berujung pada bentrok fisik yang melibatkan kedua kelompok suporter tersebut.

Oleh : Yuslan Kisra
Sumber: Goal.Com

Related Articles :


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 comments:

Post a Comment

TOP.ORG Topsites The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku

FACEBOOK

Find us..

PhotobucketPhotobucketPhotobucket

BANNER

Photobucket Photobucket Photobucket

ADS

 

SETAN OREN Copyright © 2010 SetanOren.blogspot.com is Designed by SetanOren