Photobucket
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

09 April 2011

Klub Tanpa APBD, Yakin Lebih Bergairah


Niat Mendagri Gamawan Fauzi untuk menyetop pasokan dana APBD ke klub-klub sepakbola mulai 2012, sudah bulat. Dalam Pedoman Penyusunan APBD 2012 yang saat ini tengah disiapkan kemendagri, larangan penggunaan APBD untuk klub sepakbola itu akan dituangkan.

Hanya saja, dalam aturan itu nantinya tidak spesifik menyebut klub sepakbola. "Pokoknya, untuk semua cabang olah raga yang profesional, tidak boleh ada dana dari APBD," cetus Gamawan Fauzi kepada wartawan di ruang Kapuspen Kemendagri, Reydonnyzar Moenek, Jumat (8/4).

Seperti dipaparkan oleh Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) M Jasin di gedung KPK, Jakarta, Selasa (5/4), pengucuran dana APBD untuk klub sepakbola melanggar aturan. Jika dianggap hibah, mestinya tidak dikucurkan terus-menerus. Persija, Persib, dan Persema misalnya, dari 2007, 2008, 2009, terus menerima kucuran APBD.

Faktanya, meski mendapat kucuran dari APBD, gaji para pemain di sejumlah klub sempat ngadat. Tidaklah takut disalahkan jika dana APBD distop berdampak pada amburadulnya nasib persepakbolaan di tanah air? Gamawan menjawab, tidak. Malah, dia yakin, dengan distopnya bantuan APBD, persepakbolaan akan semakin bergairah.

Alasannya, dengan dihentikannya dana APBD ke klub, maka otomatis penggalian dana dari sponsor bisa lebih digenjot. Dia membandingkan dengan Semen Padang, yang bisa "hidup" tanpa pasokan APBD. Padahal, lanjut mantan gubernur Sumbar itu, PT Semen Padang kalah besar dibanding perusahaan Semen Gresik. "Jadi klub yang di Gresik, bisa sponsor dari Semen Gresik. Dan di Jawa Timur itu banyak perusahaan besar, ada pabik rokok, pabrik gula. Bisa jadi nanti lebih bergairah," ujarnya.

Dia memberi contoh lain. Persipura misalnya, bisa menggaet PT Freeport sebagai sponsor. "Freeport itu pemasukannya besar. Kecil kalau misalnya cuman Rp20 miliar atau Rp30 miliar," ujarnya.

Sumber: BolaIndo

Related Articles :


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 comments:

Post a Comment

TOP.ORG Topsites The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku

FACEBOOK

Find us..

PhotobucketPhotobucketPhotobucket

BANNER

Photobucket Photobucket Photobucket

ADS

 

SETAN OREN Copyright © 2010 SetanOren.blogspot.com is Designed by SetanOren